Aditya Siswantara
2021 2254
1EB09
1.Pengertian
Pasar dan Pemasaran
a.Pengertian pasar
>Pengertian
secara sempit
Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual
dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
>Pengertian
secara luas
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang
mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang
untuk membli barang dengan harga tertentu.
b.Pengertian pemasaran
Ada
beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
>Philip Kotler (Marketing) pemasaran
adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
melalui proses pertukaran.
>Menurut
Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu
proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa
yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik
produk dan nilai dengan orang lain
>Menurut
W Stanton ,pemasaran adalah sistem
keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
2.Jenis-jenis pasar
a.Jenis pasar
menurut bentuk kegiatannya.
Menurut
dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar
tidak nyata(abstrak). Maka kita lihat
penjabaran berikut ini:
>Pasar nyata.
Pasar
nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjualbelikan dan dapat
dibeli oleh pembeli. Contoh: pasar tradisional dan pasar swalayan.
>Pasar abstrak.
Pasar
abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang
akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan
surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar
valuta asing.
b.Jenis pasar
menurut cara transaksinya.
Menurut
cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar
modern.
>Pasar tradisional
Pasar
tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan
pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung. Barang-barang yang
diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
>Pasar modern
Pasar
modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjualbelikan
dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini
adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
c.Jenis – jenis pasar menurut jenis barangnya.
Beberapa
pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu, misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan,pasar daging dan pasar
loak.
d.Jenis – jenis pasar menurut keleluasaan distribusi.
Menurut
keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
>Pasar lokal
>Pasar daerah
>Pasar nasional dan
>Pasar internasional
3.Konsep-Konsep
Inti Pemasaran
Konsep-konsep
inti pemasaran meliputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas,
nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan
pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap
kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan permintaan adalah keinginan
akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk
membelinya.
4. Manajemen
Pemasaran
Manajemen
pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler
dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan
pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun,
dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk
mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan manajemen adalah proses perencanaan
(Planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (Actuating) dan
pengawasan.
Jadi
dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan,
penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan,
membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar
sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
5.Bauran
Pemasaran
Bauran
pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni :
>Product (produk)
>Price (harga)
>Place (tempat, termasuk juga distribusi)
>Promotion (promosi)
Karena
pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga
terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang
selanjutnya adalah People (Orang), Physical
Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses).
Penulis buku Seth Godin, misalnya,
juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow. Pemasaran lebih dipandang
sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih
banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada
berorientasi pada ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran
adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan
lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan
konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas
berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan
dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia
internet.
6. Tujuan Sistem Pemasaran :
Berikut adalah tujuan sistem pemasaran dalam
garis besar :
>Memaksimalkan
konsumsi
>Memaksimalkan kepuasan konsumen
> memaksimalkan kualitas hidup
7. Pendekatan
Dalam Mempelajari Pemasaran
Tujuan mempelajari sistem pemasaran adalah sebagai berikut:
Memaksimumkan mutu hidup termasuk di dalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan,harga pokok barang: mutu lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan sebab fungsi.
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar pendekatan serba lembaga dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal: produsen, supplier, perantara dagang dsb.
Pendekatan serba barang (Pendekatan Organisasi Industri) adalah studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri Pendekatan Serba Manajemen dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil
Memaksimumkan mutu hidup termasuk di dalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan,harga pokok barang: mutu lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan sebab fungsi.
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar pendekatan serba lembaga dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal: produsen, supplier, perantara dagang dsb.
Pendekatan serba barang (Pendekatan Organisasi Industri) adalah studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri Pendekatan Serba Manajemen dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil
Pendekatan pemasaran adalah pendekatan serba sistem yang menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.
Sumber
:
1.http://www.slideshare.net/opexs/pemasaran
2.http://id.shvoong.com/business-management/2003665-pengertian-pasar/
3.http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
4.http://syadiashare.com/jenis-jenis-pasar.html
5.
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
6.http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran#Bauran_Pemasaran
7.http://www.pemasaran-abdulgofur.blogspot.com/
8.http://melaniapuspa.blogspot.com/2010/10/bab-6-pengertian-pasar-dan-pemasaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar