Minggu, 26 Mei 2013

Lagu Ini Tidak Cocok Denganku

Puisi ini dibuat oleh

Aditya Siswantara

1EBO9-2021 2254

Universitas Gunadarma

Untuk tugas Softskill Perekonomian Indonesia



Aku suka mendengarkan musik
Tetapi aku bingung
Apa selarasnya aku dan kata-kata sang maestro nada
Hanya alunannya yang kurasa tetapi itu tak cukup untuk membawaku
Pada tusukan magis
Sebuah panduan dentuman dan not-not
Dimana tercakup suara yang membuntutinya.

Ketika ada lagu tentang kebahagiaan
Aku rasa ini sesuai denganku, tetapi
Tiba-tiba aku melihat 2 orang Ibu dan Anak
Yang bercengkrama riang gembira
Dengan sangat antusiasnya
Aku merasa mereka lebih hangat
Dalam fikiranku terlintas ironi
Rasanya ini bukan lagu yang cocok untukku.

Lalu ketika ku nikmati lagu tentang kebersamaan
Aku rasa ini sesuai denganku, tetapi
Dengan tidak sengaja ku iri
Pada kakak beradik yang selalu harmonis
Bernyanyi, berlari, merangkai celah asa
Dalam fikiranku terpampang ironi
Rasanya ini bukan lagu yang tepat untukku.

Kemudian ku dengar lagu tentang harapan
Aku rasa ini sesuai denganku, tetapi
Nyatanya terlintas di depan kedua mataku
Seseorang yang selalu melewati jalan ke masjid
Ia duduk di masjid dan menggantungkan doa setinggi-tingginya
Hingga air matanya meluncur sampai kaki
Dalam fikiranku terbayang ironi
Rasanya ini bukan lagu yang pantas untukku.

Kemudian ketika telingaku menangkap lagu tentang cinta kasih
Aku rasa ini sesuai denganku, tetapi
Aku terpana dengan sepasang kekasih yang selalu menimbulkan kehangatan
Di setiap binar tatapan mereka
Dalam fikiranku tergambar ironi
Rasanya ini bukan lagu yang pas untukku.
Di perjalanan terakhirku di senja itu
Aku mendekatkan badanku kepada suara pengamen di lorong kereta
Ia menyanyikan lagu tentang penderitaan
Aku rasa ini sesuai denganku, tetapi
Ku lihat sang pengamen yang tadi hanya ku dengar sayupannya saja
Ia jauh lebih menderita, buta, giginya berantakkan dan rambutnya rontok
Desahan hatinya terus keluar seirama dengan artikulasi kata-katanya
Aku dengan penuh kemantapan hati berkata
Dengan ironi yang kuanggap tak akan muncul lagi
Lagu ini tak cocok untuk kehidupanku yang membahagiakan ini.

Mungkin aku tidak akan pernah lagi
Merasa sama dengan keadaan tiap konsonan dan vokal tiap musisi
Tak lagi sama dan lagi-lagi tak sama.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar